BUKU: CHOCORETO


Judul : Beautiful Mistake (biarkan aku jatuh cinta)
Penulis : Sefryana Chairil dan Prisca Primasari
Penerbit : GagasMedia
Terbit : 2012
Tebal : 257 halaman
ISBN : 978-979-780-539-5

Ada dua novela dalam buku ini, namun saya hanya akan membahas Chocoreto karya Kak Prisca Primasari. Menemukan buku ini disebuah bazar buku, dan ternyata ada banyak buku terbitan gagas lain, yang sayangnya harus menahan diri untuk beli banyak buku mengingat sejumlah buku yang dibeli sebelumnya belum dibaca.
Prisca Primasari merupakan salah satu penulis favorit saya, terlebih di sini chocoreto bersetting Jepang dengan diiringi musik-musik klasik. Chocoreto sendiri merupakan nama kafe yang menjual aneka jenis minuman cokelat. Di sini ada tokoh Kai yang terpaksa mengubur impiannya menjadi pianis dan Yuki seorang penulis yang takut bicara di depan umum karena trauma di masa lalu.
Kesan setelah membaca buku ini adalah hangat dan manis. Saya suka bagaimana kedua tokoh akhirnya meraih cita-citanya kembali. Ngomong-ngomong di sini diceritakan menggunakan POV 1 Kai dan saya rasa Kak Prisca cukup sukses jadi tokoh cowok. Membaca ini, saya kembali diingatkan dengan Evergreen. Ada beberapa kemiripan dari segi testimoni pengunjung dan seorang asing yang datang ke kafe tersebut, namun keduanya memiliki cerita yang berbeda.
Ada satu obrolan yang cukup menyentuh bagi saya di buku ini.

“Dia sangat menyayangi Anda …,” ujarku kemudian. “Kalau aku jadi dia, mungkin aku juga akan melakukan hal yang sama ….”
“Meskipun orangtuamu akan kecewa?” tanyanya.
Aku memandangnya sedih.
“Ketika kau menjadi orangtua …,” ujarnya. “Tak ada yang lebih melegakanmu selain kebahagiaan anakmu. Tak ada yang lebih kau inginkan. Cita-cita anakmu adalah cita-citamu juga. Bila cita-cita mereka tidak tercapai, bagaimana perasaanmu? Bisakah kau meninggalkan mereka dengan tenang …?”

–halaman 203

Ini bukan review, mungkin lebih ke membicarakan buku yang kebetulan saya suka. Pun, salah satu cara mengisi blog dan mengabadikan buku-buku yang sudah dibaca.
Untuk novela ini saya memberi 4/5 bintang. Untuk kesalahan penulisan penyebutan dalam bahasa Jepang, saya sih enjoy saja karena lebih fokus ke ceritanya. Saat menulis ini saya lagi mikirin Love Thief dan sepertinya harus mulai menabung. ^_^

Tinggalkan Balasan

